contoh makalah tentang bank mandiri



MAKALAH
“Bank Mandiri”




D
I
S
U
S
U
N


OLEH :
Nama       : Rosila Hidayati
Kelas        : X IPS2



SMAN 1 TOAPAYA
JL. RAYA GESEK
T.A. 2016 – 2017

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah swt., yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan pembuatan tugas ini.
Dalam pembuatan tugas ini, banyak kesulitan yang kami alami terutama disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan sumber-sumber info yang masih terbilang terbatas. Namun berkat bimbingan dan bantuan dari semua pihak akhirnya tugas ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tak ada gading yang tak retak. Begitu pula dengan tugas yang kami buat ini yang masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami memohon maaf apabila ada kekurangan ataupun kesalahan. Kritik dan saran sangat diharapkan agar tugas ini menjadi lebih baik serta berguna dimasa yang akan datang.
Bintan, 03 April 2017

Penulis


















DAFTAR ISI

Kata Pengantar........................................................................................................ i
Daftar Isi.................................................................................................................. ii
BAB I Pendahuluan
A.    Larat Belakang............................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................................ 2
C.     Tujuan.......................................................................................................... 3

BAB II Pembahasan
A.    Pengertian dan Sejarah Bank Mandiri......................................................... 2
B.     Visi dan Misi Bank Mandiri........................................................................ 3
C.     Sistem dan Manfaat Bank Mandiri.............................................................. 4

BAB III Penutup
A.    Kesimpulan.................................................................................................. 10


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau dalam bentuk lainnya, dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dari definisi inilah dapat kita simpulkan bahwa usaha utama bank adalah menghimpun dana bank. Demikian pula dari segi penyaluran dananya, hendaknya bank tidak semata-mata memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya bagi pemilik tapi juga kegiatannya juga diarahkan pada peningkatan taraf hidup masyarakat.
Di Indonesia banyak beberapa macam bank umum . tetapi pada bank mandiri ini memiliki beberapa layanan yang berbeda dari bank umum lainnya . Dalam hal ini kami mengambil tugas observasi mengenai bank mandiri dimana bank mandiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Serta memberikan informasi mengenai beberapa layanan dan fasilitas yang akan diberikan kepada nasabah bank mandiri.
Dalam makalah ini kami akan menjelaskan mengenai profil bank mandiri, layanan, fasilitas, suku bunga , dan kurs valuta asing atau mata uang negara asing . Dimana USD naik menjadi ± 13.000.

B.     Rumusan Masalah
1.    Apakah bank mandiri, dan sejarahnya?
2.    Apa visi dan misi dari bank mandiri?
3.    Bagaimana sistem yang ada di bank mandiri?
4.    Apa saja manfaat yang diberikan oleh bank mandiri?

C.    Tujuan
1.    Menambah informasi mengenai profil dan sejarah dari bank mandiri.
2.    Untuk mengetahui visi dan misi dari bank mandiri.
3.    Mengetahui sistem yang ada di bank mandiri.
4.    Untuk mengetahui apa saja manfaat dari di bank mandiri.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian dan Sejarah Bank Mandiri
PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk. (IDX: BMRI) adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.
Bank Mandiri dibentuk pada 2 Oktober 1998, dan empat bank asalnya efektif mulai beroperasi sebagai bank gabungan pada pertengahan tahun 1999.
Setelah selesainya proses merger, Bank Mandiri kemudian memulai proses konsolidasi, termasuk pengurangan cabang dan pegawai. Selanjutnya diikuti dengan peluncuran single brand di seluruh jaringan melalui iklan dan promosi.
Salah satu pencapaian penting adalah penggantian secara menyeluruh platform teknologi. Bank Mandiri mewarisi sembilan sistem perbankan dari keempat ‘’’legacy banks’’’. Setelah investasi awal untuk konsolidasi sistem yang berbeda tersebut, Bank Mandiri mulai melaksanakan program penggantian platform yang berlangsung selama tiga tahun, di mana program pengganti tersebut difokuskan untuk meningkatkan kemampuan penetrasi di segmen ‘’’retail banking’’’.
Pada saat ini, infrastruktur teknologi informasi Bank Mandiri sudah mampu melakukan pengembangan ‘’’e-channel’’’ & produk retail dengan ‘’’Time to Market’’’ yang lebih baik.
Dalam proses penggabungan dan pengorganisasian ulang tersebut, jumlah cabang Bank Mandiri dikurangi sebanyak 194 buah dan karyawannya berkurang dari 26.600 menjadi 17.620. Direktur Utama Bank Mandiri yang pertama adalah Muljohardjoko (Dirut Taspen sejak Februari 1996). Alumnus Fakultas Ekonomi UI ini pernah juga berdinas di PT Telkom, terakhir ia menjabat sebagai direktur keuangan). Muljohardjoko menjadi Dirut Bank Mandiri selama 35 hari ketika awal-awal menjadi Dirut Taspen. Kepemimpinan Muljohardjoko di Taspen sendiri berjalan sejak Februari 1996 sampai tahun 1999. Direktur Utama Bank Mandiri yang kedua adalah Robby Djohan. Kemudian pada Mei 2000, posisi Djohan digantikan ECW Neloe. Neloe menjabat selama lima tahun, sebelum digantikan Agus Martowardojo sebagai Direktur Utama sejak Mei 2005. Neloe menghadapi dugaan keterlibatan pada kasus korupsi di bank tersebut. Agus kemudian digantikan oleh Zulkifli Zaini dan saat ini (2015) Budi Gunadi Sadikin (BGS) tengah menjadi Dirut Bank Mandiri.
Pada Maret 2005, Bank Mandiri mempunyai 829 cabang yang tersebar di sepanjang Indonesia dan enam cabang di luar negeri. Selain itu, Bank Mandiri mempunyai sekitar 2.500 ATM dan tiga anak perusahaan utama yaitu Bank Syariah Mandiri, Mandiri Sekuritas, dan AXA Mandiri.
Nasabah Bank Mandiri yang terdiri dari berbagai segmen merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia. Berdasarkan sektor usaha, nasabah Bank Mandiri bergerak dibidang usaha yang sangat beragam. Sebagai bagian dari upaya penerapan prudential banking & best-practices risk management, Bank Mandiri telah melakukan berbagai perubahan. Salah satunya, persetujuan kredit dan pengawasan dilaksanakan dengan four-eye principle, di mana persetujuan kredit dipisahkan dari kegiatan pemasaran dan business unit. Sebagai bagian diversifikasi risiko dan pendapatan, Bank Mandiri juga berhasil mencetak kemajuan yang signifikan dalam melayani Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan nasabah ritel. Pada akhir 1999, porsi kredit kepada nasabah corporate masih sebesar 87% dari total kredit, sementara pada 31 Desember 2009, porsi kredit kepada nasabah UKM dan mikro telah mencapai 42,22% dan porsi kredit kepada nasabah consumer sebesar 13,92%, sedangkan porsi kredit kepada nasabah corporate  mencakup 43,86% dari total kredit.
Sesudah menyelesaikan program transformasi semenjak 2005 sampai dengan tahun 2009, Bank Mandiri sedang bersiap melaksanakan transformasi tahap berikutnya dengan merevitalisasi visi dan misi untuk menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif.
Pada Juni 2013, Bank Mandiri sudah mempunyai 1.811 cabang dan sekitar 11.812 ATM yang tersebar merata di 34 provinsi di Indonesia tanpa terkecuali, semakin menegaskan Bank Mandiri sebagai salah satu dari jajaran bank terbesar di Indonesia.

B.     Visi dan Misi bank Mandiri
Visi dari bank Mandiri adalah sebagai berikut:
Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif


Misi dari bank Mandiri adalah sebagai berikut:
·       Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
·       Mengembangkan sumber daya manusia professional
·       Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
·       Melaksanakan manajemen terbuka
·       Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

C.    Sistem dan Manfaat Bank Mandiri
1.      Layanan 24 Jam Bank Mandiri
Layanan 24 Jam adalah saluran distribusi elektronik Bank Mandiri yang terdiri dari Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri internet, Mandiri Call, Mandiri Mobile dan Mandiri Internet Bisnis. fitur Layanan 24 Jam:
Mandiri mobileadalah  layanan mobile banking pada smartphone  (Blackberry, Android, dan iPhone) dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan. Dengan mandiri mobile Anda dapat melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian, dll), transaksi  non finansial ( cek saldo, cek histori transaksi, dll ), informasi lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitur menarik lainnya Untuk menggunakan layanan ini, Anda perlu mengaktifkan layanan mandiri sms kemudian mengunduh aplikasi mandiri mobile. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Blackberry App World, App Store, dan Google Play.

2.      Mandiri Internet Bisnis
Mandiri internet bisnis adalah layanan e-banking untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan aplikasi internet banking yang diperuntukkan bagi Nasabah bisnis dari segmen perorangan dan perusahaan khususnya kategori perusahaan kecil dan menengah.Fitur yang terdapat di dalam layanan mandiri internet bisnis antara lain informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian, admiminstrasi, infomasi bisnis dan aktivitas bisnis.
Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi dalam menggunakan layanan mandiri internet bisnis, hanya dikenakan biaya token sebesar Rp 10.000,-/buah dan penggantian token hilang/rusak sebesar Rp 25.000,-/buah.
Keuntungan Menggunakan Layanan mandiri Internet bisnis :
·         Memudahkan Nasabah untuk mengatur transaksi keuangan perusahaan.
·         Dapat digunakan Nasabah dimana saja dan kapan saja karena diakses menggunakan layanan internet.
·         Hemat dan menguntungkan, karena Nasabah tidak dikenakan biaya bulanan dan limit harian setiap fitur transaksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha.
·         Aman, karena aplikasi mandiri internet bisnis dilengkapi dengan sistem keaman SSL.

3.      Mandiri Clickpay
Merupakan salah satu fitur dari mandiri debit, di mana nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran dan pembelian melalui situs Mitra yang bekerja sama dengan cara memasukkan 16 digit nomor kartu mandiri debit dan menggunakan Token PIN Mandiri sebagai validasi transaksi.
Bagaimana cara menggunakan mandiri clickpay?
Nasabah yang telah terdaftar pada layanan mandiri internet dapat melakukan transaksi pembayaran/pembelian online di situs merchant yang telah bekerja sama dengan BankMandiri.
Transaksi dengan mandiri clickpay
·       Pilih produk yang akan Anda beli di situs Mitra favorit
·       Pilih cara pembayaran mandiri clickpay di situs Mitra
·       Lakukan otorisasi transaksi (gunakan appli 3 pada token)
Cara menjadi Mitra mandiri clickpay:
·       Telah memiliki rekening Mandiri Tabungan Bisnis/Mandiri Giro atas nama perusahaan
·       Memiliki situs belanja online yang aman dan terpercaya
·       Tidak menjual barang yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

4.      Mandiri Call
Mandiri Call, layanan perbankan otomatis 24 Jam melalui telepon atau ponsel yang membuat Anda semakin dekat dengan rekening Anda dan memudahkan Anda mengatur keuangan lebih leluasa tanpa batasan waktu dan tempat. Melakukan transaksi perbankan semudah Anda menekan tombol telepon.


5.      Mandiri ATM
Lebih dari 10.000 ATM yang tersebar di seluruh pelosok negeri.
Fitur/Layanan Mandiri ATM
ATM Tunai
a.       Tarik Tunai, Informasi Saldo dan Transfer
b.      Pembayaran / Payment 
c.       Pembayaran Tagihan Telepon/Handphone
d.      Isi Ulang Pulsa Handphone
e.       Penggantian PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi
f.       Kartu Mandiri Prabayar

ATM Non Tunai dengan fitur favoritku
a.       Favoritku
b.      Informasi Saldo dan Transfer
c.       Pembayaran / Payment 
d.      Pembayaran Tagihan Telepon/Handphone
e.       Isi Ulang Pulsa Handphone
f.       Penggantian PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi
g.      Kartu Mandiri Prabayar

ATM Setor Tunai (CDM)
a.       Setor Tunai
Dapat melakukan setoran uang tunai (pecahan Rp 50.000 dan Rp. 100.000)
b.      Informasi Saldo dan Transfer
Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir dan Transfer Antar Rekening Mandiri.

6.      Mandiri Tabungan
·       Hanya dengan setoran awal sebesar Rp 500.000,- Anda telah memiliki rekening Mandiri Tabungan
·       Pembukaan rekening, penyetoran maupun penarikan dana tabungan dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri
·       Anda mendapatkan Mandiri Debit yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit yang dapat digunakan untuk berbelanja dan pembayaran lainnya di merchant-merchant yang berlogo VISA baik di dalam maupun di luar negeri
·       Dapat bertransaksi di 8.996 ATM Mandiri, 26.000 ATM Bersama, 23.602 ATM LINK, 31.700 ATM Prima maupun 1.700.000 ATM berlogo VISA di seluruh dunia
·       Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call menambah kenyamanan Anda bertransaksi dimana saja dan kapan saja sehingga Anda lebih leluasa memanfaatkan waktu Anda.
·       Layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di beberapa Cabang, memberi kesempatan bagi Anda yang tidak dapat bertransaksi di Cabang pada hari kerja karena kesibukan Anda.
·       Layanan Autodebet, Layanan autodebet membantu Anda dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan, seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga Anda terhindar dari tunggakan tagihan.
·       Layanan Automatic Fund Transfer (AFT), Layanan AFT menjadikan hidup lebih nyaman karena membantu Anda dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga Anda tidak perlu khawatir kewajiban Anda akan terlupakan.

7.      Mandiri Tabungan Bisnis
Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu membutuhkan produk dan dukungan Bank yang menyediakan layanan yang cepat, mudah dan jaringan yang luas tersebar di Indonesia.
Kini, guna kalancaran transaksi bisnis Anda, Bank Mandiri mempersembahkan Mandiri Tabungan Bisnis yang memberikan segala kemudahan dan kenyamanan.
Fasilitas
·         Tersedia dalam mata uang Rupiah dan US Dollar
·         Dilengkapi dengan Kartu Mandiri Debit dan Layanan e-Banking Mandiri : SMS Banking, Internet Banking, Mandiri Call.
·         Gratis biaya transfer dana antar rekening Bank Mandiri secara otomatis.
·         Buku Tabungan dilengkapi deskripsi dan keterangan transaksi yang lebih jelas dan lengkap



8.      Mandiri Tabungan Rencana
Mempersiapkan masa depan terbaik dengan tabungan setoran wajib bulanan yang memberikan ekstra perlindungan.

9.      Mandiri Tabungan Haji
Salah satu persyaratan wajib yang ditentukan oleh Kementerian Agama agar calon jemaah dapat berangkat haji adalah membuka tabungan haji di Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH).

10.  Mandiri Tabungan TKI
Keuntungan
1.    Aman
·       Bank Mandiri adalah bank pemerintah dan bank terbesar di Indonesia serta memiliki cabang tersebar di dalam maupun luar negeri.
·       Menggunakan kode rahasia / PIN untuk setiap transaksi di ATM.
2.    Untung
·       Diikutsertakan dalam program undian Mandiri Fiesta dengan hadiah yang menarik.
·       Gratis biaya administrasi bulanan selama 12 bulan pertama.
3.    Ringan
·       Biaya administrasi bulanan murah, hanya Rp. 2.500,- per bulan.
·       Setoran awal dan saldo minimal hanya Rp. 10.000,-.
4.    Mudah dan Nyaman
·       Transaksi penyetoran dapat dilakukan di seluruh cabang, baik dalam maupun luar negeri.
·       Transaksi dapat dilakukan melalui mandiri atm, mandiri sms, mandiri internet dan mandiri call.
5.    Pelayanan secara online di seluruh cabang

11.  Mandiri Deposito
Keuntungan
Suku Bunga yang Kompetitif
·         Suku bunga Mandiri Deposito yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang.
·         Bunga dihitung berdasarkan jumlah hari sebenarnya (1 tahun dihitung 365 hari).

Fleksibilitas Tinggi

·         Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.

·         Bebas memperpanjang deposito secara otomatis (Automatic Roll Over /ARO).

·         Anda dapat memilih untuk menginvestasikan kembali bunga deposito ke pokok deposito atau ditransfer ke rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan yang dapat ditarik setiap saat.

·         Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada Mandiri Deposito Rupiah.

 

12.  Tabunganku

13.  Mandiri Giro

14.  Mandiri Deposito Valas

15.  Mandiri Tabungan Valas

16.  Mandiri Debit

17.  Mandiri Kredit Modal Kerja

18.  Mandiri Kredit Investasi

19.  Mandiri Kredit Usaha Produktif

20.  Mandiri Kredit Multiguna Usaha

21.  Mandiri Kredit Koperasi

22.  Mandiri Kredit Kepada Showroom Mobil Bekas Rekanan mandiri Tunas Finance (MTF)

23.  Kredit Non Tunai

24.  Kredit Usaha Rakyat (KUR)


BAB III

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Bank Mandiri merupakan bank umum yang ada di Indonesia , bank mandiri ini seperti halnya bank yang lainnya . Tetapi yang membuat bank Mandiri ini berbeda adalah layanan dan fasilitas yang diberikan kepada pelangganya . Bank mandiri mengutamakan good service terhadap konsumen. Beberapa layanan bank mandiri mampu memberikan manfaat yang baik dan berguna bagi masyarakat yang membutuhkan uang . contohnya menerima kredit usaha rakyat kecil dan tidak memberikan bunga yang tinggi . Beberapa fasilitas yang canggih memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi . Bank mandiri mempunyai teknologi yang mudah untuk dilakukan konsumen .

Terhadap layanan bank mandiri ini banyak manfaat yang diberikan ,mulai rakyat kecil hingga para pengusaha bisnis besar . Bank mandiri ini tidak hanya memberikan layanan di dalam Indonesia , tetapi di luar negeri pun kita masih bisa melakukan transaksi atau menggunakan layanan yang kita butuhkan.Mudah mendapatkan mata uang asing yang kita butuhkan . Suku bunga Mandiri Deposito Valuta Asing yang kompetitif menjadikan investasi lebih cepat berkembang.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

BlueStacks vs YouWave (Android Emulator Untuk PC)

Jenis Ular yang berbisa sama yang tidak